11 November 1999: Persib Dipermalukan Persikab, Bobotoh Rusuh, Suryamin Dalam Tekanan

KEKALAHAN 0-1 Persib dari Persikab Kabupaten Bandung pada pertandingan kedua Liga Indonesia (LI) VI/1999-2000 di Stadion Siliwangi Bandung, 11 November 1999, menimbulkan kekecewaan bobotoh. Usai pertandingan, oknum bobotoh mengamuk dan membuat kerusuhan.

Persib 1999/2000: Kiri atas : Imam Riyadi , Mulyana , Nana Juhana , Dadang Hidayat , Udin Rafiudin , Heri Setiawan Kiri bawah : Yaris Riyadi , Sujana , Tatang Supriatna , Nandang Kurnaedi , Deden Supahan (Foto: Ingrum)

Meski tindakannya tidak bisa dibenarkan, kekecewaan bobotoh dipicu oleh kegagalan Persib memenuhi ekspektasi mereka. Diharapkan bangkit di tangan pelatih anyar Suryamin yang sedang mencoba mempromosikan para pemain muda, termasuk Zaenal Arif, Nana Priatna, Suwita Pata, Andi Supendi, Yayan Sundana dan banyak lagi, Persib malah terpuruk di awal musim.

Perlu diketahui, pada laga pembuka LI VI/1999-2000, empat hari sebelumnya, Persib juga dipermalukan Persikota Tangerang melalui gol I Komang Mariawan pada menit 85. Akibatnya, kapasitas Suryamin pun mulai dalam sorotan.

Baca Juga


Mantan pemain Persib yang ketika itu menjabat sebagai Ketua I Korps Pelatih, Encas Tonif menilai Persib sama sekali kehilangan karakter dasar sebagai pemain maupun tim. “Kalau di luar lapangan orang bilang permisi, ya kita jawab mangga, tetapi di lapangan sebagai pemain sepakbola, setiap pemain lawan harus dihentikan,” krtik Encas di HU Pikiran Rakyat edisi 12 November 1999.

Menurut Encas, Persib juga kehilangan kebersamaan di lapangan. “Membangun kebersamaan itu yang penting tampak di lapangan, dan ini yang tidak ada di Persib,” lanjutnya.

Apa kata Suryamin? “Pertandingan berlangsung sangat menarik, namun faktor pengalaman dan keberuntungan saja yang membuat kami kalah,” kata Suryamin, masih di HU Pikiran Rakyat edisi yang sama.

Soal kerusuhan bobotoh, Ketua Umum Persikab dan Bupati Bandung, H.U. Hatta Djatipermana angkat bicara. “Sedari dulu saya sudah perkenalkan tiga fair play termasuk di antaranya penonton. Mereka harus dapat menerima kekalahan timnya dengan lapang dada,” ujar Hatta.

Komentar

  1. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 22 Februari 2020 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

    BalasHapus

Posting Komentar

TERPOPULER

Skuad Persib di Liga Indonesia VI/1999-2000

11 November 1999, "Barisan Sakit Hati" Bawa Persikab Permalukan Persib

24 Februari 2002: Persib Terbantai di Stadion Rumbai

4 Maret 2007: Pesib Menyerah di Kandang Sriwijaya FC

4 Januari 2004: Tobar Selamatkan Persib dari Kekalahan di Laga Pembuka