16 November 1986, Adityo Darmadi Kembali Hadirkan Petaka buat Persib

PERSIB mencatat hasil cukup mengesankan dengan tidak terkalahkan dalam empat pertandingan pertama Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1986/1987. Namun, catatan mengesankan Persib diakhiri Persija Jakarta justru di Stadion Siliwangi Bandung, 16 November 1986.

Selebrasi kepalan tangan Adityo Darmadi usai menjebol gawang Persib pada pertandingan wilayah Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1986/1987 di Stadion Siliwangi, 16 November 1986 (Foto: Twitter/@OSB_Brigade)

Sebagai catatan, PSSI memutuskan Kompetisi Divisi Utama Perserikatan digelar setiap tahun. Selain itu, format home and awal mulai diterapkan di pertandingan wilayah. Sebelum, pertandingan wilayah dimainkan dengan sistem home tournament.

Berstatus sebagai juara bertahan, tim asuhan Nandar Iskandar mendapatkan ujian dengan jadwal pertandingan yang mengharuskan Adeng Hudaya dan kawan-kawan memainkan 4 laga tandang beruntun. Namun, ujian itu bisa dilewati dengan mengalalahkan PS Bengkulu 1-0, menahan imbang PSP Padang dan PSMS Medan 1-1 serta menghantam Persiraja Banda Aceh 4-0.

Berbekal catatan 2 kali menang dan 2 imbang, Persib memainkan pertandingan pamungkas putaran pertama dengan menjamu Persija di Stadion Siliwangi. Dalam 4 pertandingan sebelumnya, Persija yang juga harus memainkan seluruh laga putaran pertama di kandang lawan
menang 2-0 atas Persiraja, menahan imbang PSMS dan PSP dan kalah 0-2 dari PS Bengkulu.

Memiliki catatan yang lebih apik dalam tur Sumatera, plus status sebagai tuan rumah membuat Persib diunggulkan. Teror bobotoh yang meluber hingga ke tepi lapangan menjadikan Persib di atas angin.

Namun, apa yang terjadi di dalam lapangan benar-benar di luar dugaan. Sebuah gol Adityo Darmadi pada menit 16 dan menurut beberapa laporan disertai selebrasi kepalan tangan untuk bobotoh, tak terbalaskan oleh pemain Persib hingga pertandingan usai.

https://twitter.com/OSB_Brigade/status/753799488771280896
Ini adalah kekalahan pertama Persib dari Persija di Stadion Siliwangi sejak tim kebanggaan bobotoh ini kembali ke Divisi Utama pada tahun 1983. Ini juga menjadi kekalahan pertama Persib sebagai juara bertahan.

Sedangkan bagi Adito Darmadi, ini adalah gol keduanya ke gawang Persib di Kompetisi Divisi Utama Perserikatan. Pada musim sebelumnya, atau ketika Persib menjadi kampiun, Adityo Darmadi juga menyumbangkan satu gol kemenangan 3-2 Persija di babak 6 Besar di Stadion Utama Senayan Jakarta. Saat itu, Persija menjadi satu-satunya tim yang bisa mengalahkan Persib di putara final.***


Adityo Darmadi dikawal Robby Darwis pada pertemuan di Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1986 (Foto: Bola.com)

Komentar

Posting Komentar

TERPOPULER

Skuad Persib di Liga Indonesia VI/1999-2000

11 November 1999, "Barisan Sakit Hati" Bawa Persikab Permalukan Persib

24 Februari 2002: Persib Terbantai di Stadion Rumbai

4 Maret 2007: Pesib Menyerah di Kandang Sriwijaya FC

4 Januari 2004: Tobar Selamatkan Persib dari Kekalahan di Laga Pembuka