13 November 1993, Debut Mengesankan Indra Tohir sebagai Pelatih Kepala Persib

SETELAH hampir satu dekade menangani fisik para pemain, Indra M. Tohir dipercaya menjadi pelatih kepala Persib di Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1993/1994. Pertandingan debutnya sebagai pelatih kepala terjadi pada saat Persib bertandang ke kandang PS Bengkulu.

Berdiri ki-ka: Robby Darwis, Nandang Kurnaedi, Aries Rinaldi, Kekey Zakaria, Roy Darwis; Jongkok ki-ka: Sutiono Lamso, Dede Iskandar, Yudi Guntara, Asep Kustiana (?), Mulyana (Foto: Mang Dien)

Debut Tohir cukup mengesankan. Pada pertandingan pembuka musim yang dimainkan di Stadion Semarak, 13 November 1993, Persib yang mulai memperkenalkan pakem 3-5-2  -- sebelumnya identik dengan 4-3-3  -- mampu mengalahkan tuan rumah 2-0.

Bertanding di hadapan pendukung tuan rumah, Persib membuka keunggulan melalui gol Sutiono Lamso pada menit kelima. Keunggulan 1-0 Maung Bandung bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persib bisa menggandakan keunggulan pada menit 62, kali ini melalui gol Tatang Suryana. Hingga pertandingan usai, baik Persib maupun PS Bengkulu gagal mencetak gol.

Sebagai catatan, dalam membangun kekuatan timnya, Tohir mencoba menggabungkan para pemain tersisa dari era Persib '86, Persib '90 dan generasi anyar yang bakal diorbitkannya.

Anggota skuad Persib yang dipilih Tohir untuk mengarungi Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1993/1994 adalah sebagai berikut;

Kiper: Aries Rinaldi, Gatot Prasetyo, Samai Setiadi

Belakang: Dede Iskandar, Nandang Kurnaedi, Roy Darwis, Mulyana, Nunung Mulyadi, Dudi Sobandi, Nana Supriatna, Hendra Komara, Robby Darwis, Yadi Mulyadi (belakang)

Tengah: Asep Sumantri, Yaya Sunarya, Yudi Guntara, Asep Kustiana, Yusuf Bachtiar

Depan: Sutiono Lamso, Kekey Zakaria, Tatang Suryana, Asep Poni, Asep Dayat

Komentar

TERPOPULER

Skuad Persib di Liga Indonesia VI/1999-2000

11 November 1999, "Barisan Sakit Hati" Bawa Persikab Permalukan Persib

24 Februari 2002: Persib Terbantai di Stadion Rumbai

4 Maret 2007: Pesib Menyerah di Kandang Sriwijaya FC

4 Januari 2004: Tobar Selamatkan Persib dari Kekalahan di Laga Pembuka